Review Digital Alliance Gaming Element White

Casing PC Putih Minimalis dan Kekinian

Kali ini kita akan membahas tentang casing PC dari Digital Alliance yang cocok untuk setup gaming, serinya bernama Element White. Untuk seri gaming ini, Digital Alliance meluncurkan casing PC dalam dua warna: hitam dan putih.

Untuk casing PC yang warna hitam kisaran harganya adalah 370 ribuan, sedangkan yang warna putih di kisaran 430 ribuan. Worth it atau tidak, mari langsung saja kita bahas beberapa kelebihannya.

1.     Tray

Casing PC ini dilengkapi dengan tray SSD yang bisa dibongkar pasang, bahannya dari logam, masih ditambah satu tempat lagi yang tidak bisa dibongkar pasang. Dilengkapi pula dengan tray HDD yang bisa diisi 2 HDD berukuran 3.5 inci.

Pada bagian dalam terdapat railing atau bracket lagi untuk tempat penyimpanan HDD. Untuk expansion slot-nya sudah mendapatkan empat buah dan uniknya dilengkapi pula dengan cover untuk masing-masing expansion slot-nya.

2.     Dust Filter

Pada bagian atas terdapat dust filter yang tentunya berfungsi menyaring debu. Dust filter-nya berwarna hitam, bisa dibuka dan sifatnya magnetik. Pada bagian bawah terdapat dust filter juga, tetapi tidak menggunakan magnet.

Pada dust filter terdapat beberapa lubang yang menyesuaikan dengan io yang terdapat di bodi casing yang cukup presisi. Finishing-nya adalah laser cutting sehingga tampak rapi.

3.     I/O

I/O yang tersedia pada casing ini terdiri dari: power button, 2 lampu LED yaitu satu untuk power dan satu lagi untuk HDD, headphone out, mic in, 2 USB 2.0, 1 USB 3.0, 1 reset switch. Jadi kalian tidak akan mendapatkan LED switch seperti pada simbada datagram 11 yang mendapatkan LED switch.

4.     Slot Kipas

Tersedia 3 slot kipas berukuran 12 cm pada bagian depan, 3 slot lagi pada bagian atas, dan 1 slot pada bagian belakang. Tambahannya, pada supply power bisa ditambahkan lagi 2 buah kipas.

5.     Material

Bahan cover yang serba putih ini tidak semuanya plastik, tetapi ada logamnya dan frame-nya baru yang berbahan plastik. Pada bagian dalam cover terdapat motif heksagonal. Praktis karena tidak membutuhkan baut, untuk membuka cukup didorong biasa. Ventilasi untuk masuk udara ada di sebelah kiri saja, kanan tidak ada.

Covernya dilengkapi lampu LED berwarna biru, colokannya dihubungkan dengan jack molek. Jadi, harus hati-hati ketika membongkar cover depan supaya jack molek-nya tidak tertarik bahkan putus.

6.     Tempered Glass

Casing ini juga dilengkapi dengan tempered glass yang berwarna kehijauan. Tidak terdapat lubang baut karena cara pasangnya dengan cara sliding ke casing, sangat praktis.

Tempered glass ini terbukti lebih kuat dari pesaingnya yaitu simbada, karena penulis sempat tidak sengaja menjatuhkan tempered glass simbada dan pecah, tetapi ketika tempered glass element white ini jatuh, tidak pecah dan masih mulus.

7.     Build Quality

Ketika dipegang dan diguncang-guncang dalam keadaan kosong, casing PC ini terasa kokoh dan tidak terlalu flexing. Dan untuk finishing catnya adalah putih doff atau matte yang bertekstur seperti kulit jeruk sehingga ketika tangan kita berkeringat atau berminyak dan memegang casing ini, tidak akan meninggalkan sidik jari.

8.     Manajemen Kabel

Gap kabelnya sekitar 2 cm, cukup dalam sehingga jika masih menggunakan supply jadul yang kabelnya belum flat, ketika dipasang melintang cover dari casing-nya masih bisa tertutup sehingga tidak ada masalah disana002E

Secara keseluruhan, casing ini melebihi ekspektasi jika dibandingkan dengan harganya. Fiturnya juga melebihi cube gaming yang bisa dibilang merupakan kompetitornya dari segi harga maupun segmentasi pasar.